Selasa, 23 September 2014

Fase - Fase Demam Berdarah

    Setelah gejaja awal demam berdarah dikenali, kita juga sebaiknya mengetahui fase-fase demam berdarah supaya bisa mengambil langkah untuk menangani penderita dengan baik. Pada fase awal, biasanya agak susah untuk membedakan demam berdarah dengan tifus. Sehingga biasanya kita diminta menunggu sambil mengonsumsi obat tertentu. Ketika gejala awal demam berdarah lebih jelas, barulah diberi penanganan lebih khusus.
Demam berdarah - Farizbaiquni.blogspot.com
Fase-fase demam berdarah


     Jika anda kesulitan melihat gejala demam berdarah, baik pada penderita dewasa atau anak-anak, sebaiknya segera bawa ke dokter maupun rumah sakit. Jangan sekali-kali memeriksakan si pasien pada orang yang tidak paham pada bidang kesehatan. Demam berdarah tidak bisa ditangani dengan sembarangan dengan hanya mengandalkan pengetahuan dasar seadanya. Pada keadaan awal hari-hari pertama demam berdarah mulai menyerang, lumayan sukar untuk mengenali-nya. Namun jangan ambil resiko..Jika memang kondisi si penderita sangat menghawatirkan. Jangan ragu-ragu untuk segera memeriksanya. Konsultasikan pada dokter sesegera mungkin maupun langsung ke rumah sakit. Biasanya si penderita akan diambil darahnya untuk dicek kondisi trombosit si penderita. Jika memang trombosit si pasien dibawah ambang normal. Maka kemungkinan bahwa si penderita mengalami demam berdarah.Anda juga perlu mengerti apa itu trombosit. Hal ini dapat ditanyakan langsung kepada dokter maupun saat pengambilan hasil cek darah.

Fase-fase Demam Berdarah :

  • Hari 1-3 Fase demam tinggi. Pada fase demam berdarah yang pertama ini terjadi pada hari ke 1 - 3 dan ditandai dengan demam yang mendadak tinggi disertai sakit kepala, badan terasa ngilu dan nyeri, mual. Seringkali disertai dengan bintik merah di kulit yang tidak hilang saat kulit diregangkan. Pada beberapa kasus yang terjadi, bahkan ditemukan adanya nyeri tenggorokan, infeksi pada farings (tenggorokan) dan juga pada konjungtiva (selaput yang melindungi kornea mata), anoreksia, mual dan muntah.
  • Hari 4-5 Fase kritis. Pada fase kedua demam berdarah ini terjadi pada hari ke 4 - 5. Fase ini ditandai dengan demam yang mulai menurun disertai dengan penurunan kadar trombosit dalam darah dan fase ini seringkali mengecohkan karena seolah-olah demamnya turun dan penyakitnya sembuh. Namun inilah yang disebut Fase Kritis Demam Berdarah dan kemungkinan terjadinya Dengue Shock Sindrome DSS. Pada fase ini dapat terjadi pendarahan hidung, mulut, kulit pucat dan dingin, serta terjadi penurunan kesadaran.
  • Hari 6-7 Fase penyembuhan. Pada fase ini terjadi pada hari ke 6 - 7. Dalam fase penyembuhan ini keadaan umum dari penderita mulai membaik. Keadaan umum penderita membaik, nafsu makan pulih kembali , hemodinamik (peredaran darah) stabil dan diuresis (frekuensi kencing) membaik dan akan kembali normal. Dan pada saat ini akan jauh lebih baik bila penderita diberikan gizi yang baik untuk meningkatkan keadaannya serta juga meningkat kadar daripada trombositnya.

     Beberapa penelitian terakhir mengenai demam berdarah menyebutkan bahwa gejala bintik merah di kulit tidak selalu muncul. Sehingga diperlukan pengamatan yang lebih cermat untuk melakukan diagnosa penyakit musiman yang selalu membawa korban setiap tahunnya ini.


Semoga post mengenai fase demam berdarah ini membantu. Salam Sehat.

1 komentar:

  1. Super Sekali... Postingan anda membuat hidup saya bagai taman garuda...

    BalasHapus