Sabtu, 27 September 2014

Prinsip-Prinsip Geografi Dan Contohnya

Prinsip – prinsip Geografi
     Dalam melakukan pendekatan terhadap suatu objek yang akan dipelajari. Prinsip-prinsip geografii harus selalu digunakan.Prinsip – prinsip dalam Ilmu Geografi berjumlah 4. Yang terdiri dari : Prinsip Persebaran, Prinsip Interelasi, Prinsip Deskripsi, dan Prinsip Korologi / Prinsip Keruangan. Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut :

    1. Prinsip Persebaran (Distribusi)
     Prinsip persebaran adalah suatu gejala dan fakta yang tersebar yang tidak merata di permukaan bumi yang meliputi bentang alam, hewan, tumbuhan, dan manusia.
Dalam tugas geografi memberikan gambaran tentang penyebaran fenomena tersebut dan penyebab terjadinya. Pengggunaan prinsip penyebaran juga dapat mengungkap hubungan antara satu fenomena dengan yang lain secara menyeluruh.

Contoh prinsip geografi :
     Persebaran penduduk manusia yang tidak merata. Dimana di Daerah Jawa cenderung padat penduduk sedangkan di Daerah Papua cenderung sedikit pendduk.

    2. Prinsip Interelasi (Sebab akibat)
     Prinsip Interelasi adalah suatu hubungan yang saling berkaitan dan berpengaruh anatara suatu gejala yang satu dengan gejala yang lain. Dalam hal ini Prinsip Interelasi dibagi dalam tiga hal. Yaitu :

    - Hubungan antara fisik dengan fisik
Contoh :
Sebuah gunung berapi meletus dan mengeluarkan magma. Magma tersebut kemudian mengalir melewati hutan sekitar hingga menyebabkan kebakaran hutan
     -Hubungan antara manusia dengan fisik
Contoh :
Penduduk di sekitar daerah bantaran sungai sering memebuang sampah di sungai. Akibatnya banjir seling melanda daerah tersebut
     -Hubungan antara manusia dengan manusia
Contoh :
Akibat rendahnya tingkat pendidikan menyebabkan tingginya kriminalitas

3. Prinsip Deskripsi (Penggambaran)
     Prinsip Deskripsi adalah prinsip yang dijelaskan /  digambarkan lebih jauh terhadap suatu gejala atau masalah yang sedang dikaji. Hal ini dapat dilakukan melalui tabel, Diagram, Grafik, ataupun melalui kata-kata.

Contoh :
     Jumlah kecelakaan di suatu daerah pada setiap tahun 2009-2010 digambarkan melalui sebuah tabel.Dimana pada tahun 2009 terjadi 1000 kecelakaan dan pada tahun 2010 terjadi kenaikan sebesar 25% yaitu sebesar 1250 kecelakaan.

    4. Prinsip Korologi
     Prinsip Korologi adalah suatu prinsip geografi yang  memadukan prinsip-prinsip penyebararan, interelasi, dan interaksi. Prinsip ini lebih komperhensif karena memadukan prinsi-prinsip lainnya. Dan merupakan ciri dari geografi modern.

Contoh:
     Titik banjir di DKI Jakarta sekitaran daerah aliran sungai Ciliwung, Pesanggrahan, dan kali Angke.dalam pembagiannya wilayah rawan banjir di DKI Jakarta : 30 persen berada di Jakarta Timur, 20 persen di Jakarta Barat, 10 persen di Jakarta Pusat, 20 pesen di Jakarta Selatan, dan 20 persen di Jakarta Barat. Banjir tersebut seringkali diakibatkan oleh perilaku penduduk yang tidak mempedulikan kelestarian lingkungan seperti  membuang sampah sembarangan, alih fungsi lahan di hulu sungai, dsb. hulu sungai-sungai tersebut meliputi wilayah bogor dan depok. jadi, untuk meminimalisir dampak banjir di jakarta diperlukan kerjasama antara pemimpin dan masyarakat bogor, depok, dan jakarta (komperhensif=menyeluruh).

     Semoga artikel tentang Prinsip-prinsip geografi ini dapat bermanfaat sekian. Terima ksih atas kunjungannya Farizbaiquni.blogspot.com  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar