Rabu, 24 September 2014

Konsep-konsep Geografi



  
Menurut Wikipedia pengetian geografi adalah  ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo ("Bumi") dan graphein ("tulisan", atau "menjelaskan").
     Dalam ilmu geografi terdapat 10 konsep yang harus kita pahami. yaitu :



1. Konsep Jarak
     Jarak adalah sela atau ruang yang menghubungkan dua buah objek yang dapat ditentukan atau di ukur dalam satuan waktu (detik, menit, jam, atau hari) atau panjang (Meter, Centi Meter, Kilo meter, dan Mil) atau secara sederhana jarak adalah suatu ruang yam memisahkan antara satu ruang dengan ruang yang lain . Jarak ternyata merupakan salah satu faktor yang disepakati oleh berbagai ahli geografi yang sangat mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia. Hal ini sangatlah mendasar terutama dalam segi ekonomi.

Sebagai contoh :
Sebuah perusahaan buku ingin mendatangkan bahan baku yaitu berupa kayu dari daerah lain. Untuk mengirim bahan baku kayu tersebut harus menempuh jarak yang panjang dengan menggunakan alat transportasi darat (truk). Oleh karennya perusahaan haruslah mengeluarkan biaya lebih mahal serta waktu yang lebih lama.

Konsep jarak ini di bagi menjadi dua macam, seperti jarak relatif atau jarak mutlak.
  • Jarak Relatif adalah dua buah objek yang diukur berdasarkan lama perjalanan dengan ukuran waktu.
  • Jarak Mutlak adalah jarak dua buah objek yang diukur berdasarkan ukuran panjang dengan satuan yang telah terstandarisasi seperti mil atau kilo meter.
Contoh Konsep Jarak Relatif :
Jarak yang di tempuh antara Indonesia ke China adalah 8 jam. Namun ada yang mengatakan bahwa Jarak yang ditempuh dari Indonesia ke China adalah 50 Jam. 8 jam ditempuh dengan pesawat terbang, dan 50 jam ditempuh dengan kapal laut. Jadi konsep jarak ini dinamakan konsep jarak relatif

Contoh Konsep Jarak Mutlak :
Jarak antara Indonesia ke China adalah 3129 Mil. Jarak ini telah memiliki standar mutlak dan tidak dapat diumpamakan.

2. Konsep Lokasi
     Geografi juga identik dengan istilah lokasi, tentu kita sering menyebut istilah ini dalam kehidupan sehari hari. Mungkin juga kita membayangkan konsep geografi ini seperti membayangkan “Dimana sih lokasi negara yunani”. Penjelasan yang tepat untuk menunjukkan wilayah ini adalah dengan konsep lokasi. Konsep ini dibagi menjadi dua bagian yaitu lokasi relatif dan lokasi absolut.

  • Lokasi Relatif : suatu daerah, tempat, atau lokasi ditentukan oleh tempat atau lokasi lain disekitarnya, dengan demikian konsep lokasi ini dapat berubah-ubah sesuai dengan daerah atau lokasi yang dijadikan patokan
    • Contoh : Contoh Lokasi Relatif yaitu Indonesia terletak di antara 2 benua dan 2 samudera. Kondisi Indonesia dalam hal ini dapat ditentukan dari sudut pandang benua serta dari samudera. Hal ini menyebabkan lokasi Indonesia relatif dapat berubah sesuai sudut pandang serta lokasi yang di jadikan patokannya.
  • Lokasi Absolut : Lokasi suatu daerah yang ditentukan oleh garis astronomis yaitu garis lintang dan garis bujur. Lokasi ini merupakan lokasi patokan tetap yang mana berpatokan pada garis astronomis bumi.
    • Contoh : Cina terletak antara 18º LU-54º LU dan 73º BT-135º BT
3. Konsep Keterjangkauan
 Hampir sama dengan konsep jarak, konsep utama geografi juga dapat dinilai berdasarkan Keterjangkauan. Hanya saja konsep keterjangkauan ini juga tergantung dengan berbagai fasilitas atau sarana serta prasarana yang ada disekitarnya. Pengertian konsep keterjangkauan ini adalah jarak yang mampu dicapai dari suatu lokasi ke lokasi lainnya secara maksimum atau maksimal. Secara umum konsep keterjangkauan sangat erat kaitannya dengan sarana dan prasarana transportasi

Contoh Konsep Geografi berdasarkan keterjangkauan
  • China bisa ditempuh dengan kapal laut atau dengan pesawat
  • Daerah perdalaman di Indonesia hanya dapat ditempuh oleh kendaraan roda dua.
4. Konsep Algomerasi
Konsep Aglomerasi ini merupakan konsep yang mengelompokkan suatu peristiwa dan fenomena sesuai dengan kegiatan dan aktivitas manusia. / pengelompokan suatu hal di sebuah kawasan tertentu dengan ringkatan sejenis.

Contoh Konsep Geografi Aglomerasi :
  • Kawasan industri Cakung
  • Pasar Senen, Pasar Pagi, dan Pasar Malam
5. Konsep Pola
    Berkaitan dgn persebaran fenomena Geosfer / Konsep Geografi pola merupakan suatu tatanan geografis yang beraturan dan memiliki bentuk dan struktur tertentu.

Contoh Konsep Geografi Berdasarkan Pola
  • Pemukiman sepanjang kali Ciliwung
6. Konsep Interaksi Dan Interdepensasi
    Konsep interaksi merupakan salah satu konsep yang menunjukkan keterkaitan dan hubungan antara suatu daerah dengan daerah lainnya atau satu gejala dengan gejala lainnya.

Contoh Konsep Geografi Berdasarkan Interaksi/Interpendensi
  • Daerah puncak di bandung sangat sejuk, cocok untuk budidaya strawberry dan tanaman teh.
  • Sukabumi sangat subur tanahnya, sehingga cocok untuk daerah pertanian
7. Konsep Diferensiasi Area
    Konsep diferensiasi area ini adalah untuk membandingkan konsep suatu daerah dengan daerah lainnya yang memiliki perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya.

Contoh Konsep Diferensiasi Area
  • Daerah laut penduduknya bermata pencaharian nelayan
  • Pakaian berwarna putih cocok digunakan saat siang hari dan saat terik.
8. Konsep Nilai Kegunaan
    Konsep nilai kegunaan artinya adalah peran dan manfaat yang diberikan oleh suatu daerah atau wilayah pada masyarakat atau makhluk hidup di sekitarnya.

Contoh Konsep Nilai Kegunaan
  • Daerah puncak di bandung sangat adem cocok untuk berwisata
  • Daerah Kalimantan sangat banyak hutan bisa dikembangkan untuk pertanian.
9. Konsep Keterkaitan Ruang
    Konsep keterkaitan ruang adalah konsep suatu wilayah atau daerah yang dipengaruhi dan dikaitkan dengan ruang daerah lainnya.

Contoh Konsep Keterkaitan Ruang
  • Malaysia dilanda kabut asap akibat pembakaran hutan di Riau
  • Jakarta banjir akibat air kiriman dari Bogor
10. Konsep morfologi
    Bentuk permukaan bumi sebagai hasil proses alam dan hubungannya dengan aktivitas manusia. Misalnya:

a. Bentuk lahan akan terkait dengan erosi dan pengendapan, penggunaan lahan, ketebalan     lapisan tanah, ketersediaan air, dan sebagainya.
b. Pengelompokan pemukiman cenderung di daerah datar.

Semoga artikel tentang konsep-konsep geografi ini. dapat bermanfaat dan berguna. terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar